Home » , » Awas,Terlalu Sering Main Ponsel Bikin Cepat Tua Lho!

Awas,Terlalu Sering Main Ponsel Bikin Cepat Tua Lho!

Awas,Terlalu Sering Main Ponsel Bikin Cepat Tua Lho! | www.goblog.ml
www.goblog.ml — Awas,Terlalu Sering Main Ponsel Bikin Cepat Tua Lho! Perkembangan teknologi ponsel telepon pintar—smartphone—yang terus berkembang dengan berbagai fasilitasnya semakin memanjakan para pemakaianya. Bukan hal aneh jika saat ini banyak ditemui orang yang terlalu asyik dengan ponselnya hingga menggunakan sebagian besar waktunya bermain ponsel. Tapi, ternyata terlalu sering bermian ponsel bisa membuat cepat tua lho!

Beberapa tahun silam, para pengguna ponsel sempat dihebohkan dengan bahaya radiasi yang dihasilkannya. Akibatnya para produsen ponsel berlomba-lomba untuk membuat ponsel yang ‘dijanjikan’ aman bagi pengguna. Tetapi saat ini, ponsel yang terus berkembang ternyata juga membuat orang cepat tua. Ini bukan lagi disebabkan oleh radiasi ponsel, melainkan sikap tubuh saat menggunakan ponsel.

Dr Kiran Lohia, Medical Director of Lumiere Dermatology, New Delhi, menjelaskannya seperti dilansir Authint Mail.”Pada dasarnya, dengan adanya smartphone, orang akan menjaga kepala mereka menunduk dan maju selama berjam-jam untuk melihat ponsel dan tablet. Ini menyebabkan otot leher memendek sehingga meningkatkan tarikan gravitasi pada kulit. Akhirnya ini menyebabkan kulit kendur, garis-garis vertikal dari bibir ke dagu, dan rahang yang longgar,” kata Dr Lohia.

Penelitian lain juga mengungkapkan hal serupa. “Keseringan menggunakan smartphone, tablet dan laptop dapat membawa tanda-tanda awal penuaan seperti garis-garis terukir di wajah, keriput, dan kulit longgar dalam diri seseorang”. Istilah ini kemudian disebut sebagai ‘leher teknologi’, seperti yang terjadi ketika orang-orang menunduk melihat laptop atau ponsel terlalu sering sehingga leher jadi terlihat jauh lebih tua.

Selain kebiasaan menggunakan ponsel yang berpengaruh pada postur tubuh, penelitian juga menunjukkan bahwa penggunaan ponsel dalam jangka panjang dapat menyebabkan alergi kulit. Ponsel yang memiliki nikel dan kobalt dapat menyebabkan gejala ‘dermatitis ponsel’. Bahan tersebut dapat bereaksi dengan kulit dan menyebabkan ruam yang gatal. Untuk mengatasi hal ini, pengguna dapat memanfaatkan cover ponsel, atau berbicara dengan mode hands-free dan menjaga agar kulit tidak bersentuhan dengan ponsel terlalu lama.

Lalu bagiamana agar tidak cepat tua lantaran terlalu sering menggunakan ponsel? Dr. Kiran memberikan saran, “Jangan terus menerus menundukkan kepala. Sebaliknya, pegang ponsel atau tablet Anda sejajar dagu. Cobalah menjauhkan diri dari ponsel Anda dalam beberapa waktu sehingga leher Anda istirahat.”

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.