Home » » Ciri - Ciri Orang yang sedang Berbohong

Ciri - Ciri Orang yang sedang Berbohong

www.goblog.ml - Pernahkah Anda berbicara dengan seseorang tapi Anda merasa seketika ada yang berubah dari sikap lawan bicara Anda itu dan terkesan menyembunyikan sesuatu? Nah, bisa jadi teman Anda tersebut sedang berbohong. Menurut psikologi, ketika orang berbohong maka akan ada perubahan sikap dan gerak gerik tubuh yang bisa Anda amati langsung. Berikut ini 10 Ciri Ciri Orang yang Sedang Berbohong dan Cara Mengetahuinya

1. Kontak mata
Memang benar, mata adalah jendela hati. Sehingga ketika seseorang sedang berbohong, maka mata menunjukkan kebohongannya. Mata seringkali tidak jelas arahnya, berputar-putar mencari-cari dan tidak tenang. Bila mengarah ke kiri atau ke kanan, tandanya ia sedang memikirkan masa lalu dan mencari-cari sesuatu di masa lalu yang bia ia pakai sebagai bahan cerita.

2. Terlalu Banyak Menyentuh Bagian Tubuh
Melakukan kebohongan bisa menimbulkan suatu perasaan tidak nyaman. Hal ini berakibat sang pembohong menjadi salah tingkah, dan terlalu banyak menyentuh dirinya, seperti wajah, bibir, hidung dan leher. Kenali tanda-tanda ini sebagai salah satu ciri orang berbohong, terutama ketika anda terus mengejar dia dengan berbagai pertanyaan-pertanyaan yang potensial untuk membongkar kebohongannya.

3. Bicara yang tersendat-sendat
Tidak semua orang memiliki bakat yang besar dalam membuat cerita serta berbicara dengan lancar pada saat berbohong. Sehingga, seringkali ditemui pembicaraan yang dihentikan sejenak dan dalam tempo yang tidak wajar. Biasanya terjadi ketika suatu bagian cerita bohong hendak dilontarkan, yaitu ketika dia sedang berusaha mengarang suatu jalinan cerita. Di sinilah biasanya cerita yang disampaikan mulai tidak konsisten dan berubah-ubah.

4. Pengalihan Materi
Pembicaraan Saat anda menanyakan hal yang mencurigakan seseorang yang berbohong akan sangat tidak nyaman, maka ia akan berusaha sekuat mungkin untuk mengalihkan pembicaraan, topic yang biasanya dikemukakan adalah topic yang anda sukai.

5. Gugup
Meskipun ia adalah seorang yang ahli dan biasa berbohong, ada sedikit kegugupan yang akan ditunjukkan. Amati dan cermati saja setiap kalimatnya. Lihat kedua matanya saat berbicara, sehingga ia akan kehilangan kontrol fisik dan menunjukkan kegugupan. Ini akan ditandai pula dengan keringat yang mengucur di kepala, mata yang resah dan berusaha mengalihkan perhatian dari Anda, jemari yang diletakkan di sekitar mulut, dan kaki yang digoyang-goyang tak tenang.

6. Ekspresi muka 
Perhatikan dengan baik-baik wajahnya ketika berbicara. The Career Builder telah melakukan penelitian atas hal ini. Mereka menemukan, orang yang sedang berbohong seringkali muncul dengan wajah nyaris tanpa ekspresi. Bagian mata akan sedikit lebih kelihatan menurun, seperti sedang bersedih. Ada sudut aneh di ujung bibir ketika ia berusaha tersenyum.

7. Perhatikan Titik Tumpuan Berat Badan
Anda bisa mengamati hal ini ketika sedang melakukan percakapan sambil berdiri. Seorang pembohong biasanya tidak akan pernah merasa nyaman, sehingga ia akan berganti-ganti memindahkan tumpuan titik berat tubuhnya dari satu kaki ke kaki yang lain, terus menerus selama pembicaraan.

8. Perubahan suara dan Menjawab terlalu berhati-hati
Ciri-ciri pembohong bisa di dengar dari nada bicaranya, jika sedang meninggi, artinya sebuah dusta sedang diceritakan. Selain itu lihat juga suaranya yang tegang dan jeda antar kalimat berlangsung lama. Itu sudah pasti deh pembohong Hal-hal diatas selain karena tegang mereka juga mengulur-ngulur waktu untuk menyusun jawaban yang rasional. Sehingga selalu menjawab pertanyaan dengan berhati-hati.

9. Amati Cara Dia Bernapas
Ketika sedang berbohong, orang cenderung untuk bernapas dengan cepat, bahkan hampir terengah-engah. Namun ada pula saat-saat di mana ia berhenti bernapas sama sekali atau mengambil napas panjang, sebagai usaha si pembohong untuk menenangkan dan mengontrol dirinya. Nah, perubahan dalam bernapas ini bisa menjadi salah satu ciri orang berbohong.

10. Senyum Terpaksa
Andaikata teman Anda menyeringai maka itu adalah senyum palsu dan menunjukkan sebuah kebohongan. Karena senyum yang sebenarnya saat sebuah senyum merebak ke seluruh wajah dan mengeriputkan mata. Biasanya hal-hal diatas digunakan oleh pengetes wawancara kerja apakah pelamar pekerjaan sedang berbohong ataukah sedang jujur. Atau Anda dapat menggunakannya untuk membongkar cara menipu paranormal gadungan.

Sumber : arhamvhy.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.